Tips Menabung Untuk membeli Rumah

 How to Save Money for a House Fast - 7th Level Mortgage

Punya rumah sendiri tentu menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah mulai merencanakan hidup berkeluarga. Untuk itulah, kamu perlu memperhatikan tips menabung untuk membangun rumah, agar impian kamu segera terwujud dalam kehidupan nyata. Berikut ini merupakan tips menabung untuk membeli rumah :

1. Mulailah dari sekarang

Tetapkan rencana masa depan kamu mulai dari sekarang. Jangan lagi banyak menunda, sekalipun kamu merasa masih muda, belum menikah, dan belum punya tanggungan. Justru karena alasan itulah, kamu harus mulai menyiapkan semuanya dari sekarang, agar tak ada penyesalan di masa mendatang.

2. Tetapkan tujuan

Tujuan yang jelas akan membantu kamu untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut.Kamu mengetahui dengan jelas tentang hal yang akan dituju dalam rencana keuangan yang kamu susun. Ini akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung tanpa tujuan

3. Tetapkan jumlah yang tepat

Setelah menetapkan tujuan, kini saatnya kamu menetapkan besarnya anggaran yang hendak kamu sisihkan. Dengan memiliki gambaran yang jelas mengenai besaran tabungan sejak awal, kamu bisa dengan mudah memperkirakan, atau bahkan menentukan secara tepat kapan tabungan ini bisa digunakan. Lakukan penghitungan dengan baik, sesuaikan rasio tabungan dengan pendapatan dan pengeluaran bulanan.

4. Lunasi hutang terlebih dahulu

Jika ternyata kamu memiliki utang, akan sangat baik apabila utang tersebut segera dibayarkan. Ketika tidak lagi memiliki beban utang, proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Sebab kamu bisa fokus pada kegiatan menabung. Utang juga akan menjadi beban pikiran yang mungkin saja akan membuat Anda menjadi tertekan. Karena itu, akan sangat lebih nyaman jika kamu tidak memiliki beban tersebut.

 

5. Hidup hemat

Saat ini memang menjaga gaya hidup hemat terasa sulit sekali diterapkan. Pengaruh sosial media yang sering memperlihatkan potret kegembiraan dengan berhura-hura nyatanya membawa pengaruh yang cukup tinggi pada kebutuhan untuk menjaga citra alias gengsi. Untuk itulah hidup hemat dan menekan keinginan untuk berbelanja menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat masa kini, terutama kaum milenial.

 

6. Jalankan dengan disiplin dan komitmen yang kuat

Kenyataannya menabung untuk membeli rumah membutuhkan banyak dana. Karena itulah kamu membutuhkan waktu yang Panjang. Disinilah komitmen dan kedisiplinan benar-benar dibutuhkan demi kelancaran masa depan. Mulailah berkomitmen sejak hari ini dan lakukan dengan disiplin.

Komentar