Tips Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah

 

 

Tips Keuangan Bagi Pasangan Yang Baru Menikah 

Wajib Tahu! Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah


1.       Terbuka mengenai masalah finansial

Saling terbuka dengan keadaan finansial masing – masing berupa tabungan, hutang, pendapatan setiap bulan, spending habits, dan keadaan finansial lainnya yang wajib kamu bicarakan.

 

2.       Memiliki tujuan keuangan bersama

Tulis tujuan finansial kalian bersama, baik jangka pendek seperti dana liburan maupun jangka Panjang seperti dana Pendidikan anak.

 

3.       Membuat strategi finansial

Kalau sudah memiliki tujuan keuangan bersama, buatlah strategi untuk mencapainya. Siapa yang bertanggung jawab mengelola keuangan, apakah perlu membuat rekening bersama, investasi apa yang harus digunakan.

 

4.       Mereview asuransi

Dulu single, dan sekarang sudah berkeluarga, jadi proteksi yang awalnya kalian miliki bisa jadi kurang relevan ya. Review Kembali polismu, pastikan data dan kebutuhan proteksimu sudah sesuai. Simplenya misalnya mengganti ahli waris , yang dulunya orang tua menjadi pasangan  atau anak.

 

5.       Membuat anggaran keuangan

Kalian harus membuat anggaran keuangan bersama karena setiap pemasukan dan pengeluaran menjadi urusan bersama. Kalau mau punya budget tabungan masing – masing silahkan, tapi pastikan untuk pengeluaran yang sifatnya besar, pasangan kalian harus tau dan setuju. Contohnya beli sepeda dan PS5 hehehe…

 

6.       Jangan melupakan pondasi dasar finansial

Kalian harus menyiapkan dana darurat, buat rencana pembayaran hutang (jika ada), dan belajar investasi bersama.

 

7.       Nikmati perjalanan kalian

Sesekali have a date dengan pasangan untuk membicarakan mengenai finansial kalian, minimal ya 15 menit, believe it or not healthy financials leads to healthy marriage.

 

Komentar